Ucapkan Selamat, Mendagri Minta Anies-Sandi Penuhi Janji Politik Saat Kampanye

JAKARTA, ADATERUS.COM- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo yakin pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara Senin (16/10) pukul 16.00 WIB ini mampu mengemban amanah rakyat DKI.

Tjahjo pun meminta agar Anies-Sandi dapat membangun sinergitas antar wilayah tetangga seperti Jabar, Banten, Tangerang, Tangsel, Depok dan Bogor. “Mereka harus membangun komunikasi dengan Forkompida, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan DPRD Provinsi dalam setiap kebijakan yang diambilnya,” kata Mendagri dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Senin (16/10).

Mantan Sekjen PDI Perjuangan ini menegaskan hubungan komunikasi tersebut penting, terutama dalam mengambil kebijakan politik hal ini dinilai bisa menjadi kunci sukses dalam stabilitas untuk menggerakan dan mengorganisir masyarakat DKI. “Penuhi janji politik saat kampanye, selamat dan sukses,” ujarnya.

Terpisah, Pelaksana harian Gubernur DKI Jakarta Saefullah mengatakan, mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat diminta untuk menghadiri sertijab usai pelantikan Anies-Sandi di Istana Negara. “Saya sudah minta kepada Pak Djarot untuk bisa hadir karena kalau saya kan hanya pelaksana harian. Pak Djarot terakhir dia bilang Insya Allah hadir. Mudah-mudahanlah,” ujar Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (16/10).

Pada acara sertijab itu, mantan gubernur akan menyerahkan buku memori jabatan kepada gubernur yang baru. Saat ini, posisi gubernur memang sedang diisi oleh Saefullah. Namun, Saefullah berharap Djarot yang tetap memberikan buku memori jabatan itu kepada Anies dan Sandiaga nanti.

Oleh karena itu, Saefullah berharap Djarot bisa datang ke Balai Kota sore ini. “Saya ini karena ada jeda, sesuai dengan PP 6 tahun 2005, saya Sekretaris Daerah ditugaskan menjadi pelakasana harian. Tetapi yang paling baik adalah gubernur yang lama menyerahkan buku memorinya kepada gubernur yang baru,” ujar Saefullah.

Anies-Sandi akan menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Pasangan yang mendapat dukungan dari Gerindra dan PKS ini berhasil menyisihkan pasangan incumbent, Basuki Tjahja Purnama-Djarot Saiful Hidayat di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada 19 April 2017. Pasangan ini meraup 57,96 persen suara, sedangkan Ahok-Djarot hanya mendapat 42,04 persen suara.(OTK)