Menanti Gebrakan Anies-Sandi Bangun DKI Jakarta

JAKARTA, ADATERUS.COM- Harapan besar muncul bagi sebagian warga Jakarta terhadap Gubernur yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (16/10). Berbagai permasalahan yang selama ini menjadi momok bagi warga Jakarta tentu bisa diselesaikan pelan-pelan oleh Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Berbagai program yang menjadi janji Anies-Sandi pada kampanye lalu tentu akan ditunggu-tunggu, seperti program rumah DP 0 %. Masalah banjir dan macet juga harus menjadi fokus utama. Karena dua masalah itu yang kerap diributkan oleh semua kalangan masyarakat Jakarta.

Dalam program 100 hari kerja Gubernur Anies sangat menarik. Pertama adalah rekonsiliasi berbagai golongan masyarakat Jakarta usai Pilkada 2017 lalu. Anies-Sandi akan bersilaturahmi dengan mantan Gubernur dan Wakil Gubernur dan tokoh-tokoh yang mewakili semua golongan. Kedua, menjadikan Balai Kota sebagai rumah rembug warga. Dan ketiga, memulai pertemuan kota per-kecamatan.

Ada tiga bidang yang akan menjadi prioritas Anies-Sandi dalam memenuhi janji politiknya. Bidang yang akan menjadi sorotan adalah menciptakan lapangan kerja dengan meresmikan 44 pusat kewirausahaan. Kedua adalah bidang pendidikan dengan meluncurkan Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus) dan mendistribusikannya untuk anak putus sekolah. Bidang ketiga adalah mewujudkan biaya hidup lebih terjangkau dengan meluncurkan Kartu Pangan Jakarta, meluncurkan program hunian DP 0, meluncurkan program OK OTrip dan OK OCare.

Selanjutnya program 100 hari Anies-Sandi adalah mengkonsolidasikan birokrasi dengan menyiapkan rancanga revisi APBD-Perubahan 2018. Mengimplementasikan open government dengan transparansi sumber pembiayaan anggaran serta menghindari manajemen keuangan Non-Bujeter. Selanjutnya adalah menerbitakan peraturan gubernur sebagai landasa program-program prioritas, termasuk untuk mengkonsolidasikan transportasi konvensional dengan transportasi online.

Usai dilantik di Istana Negara, Anies-Sandi pun memastikan jika dirinya akan bekerja untuk seluruh masyarakat Jakarta. Anies menegaskan akan berlaku adil dan tidak membedakan warga yang memberikan dukungan atau berbeda pilihan dalam Pilgub DKI.

“Setelah menjadi gubernur, amanat konstitusi untuk semua rakyat Jakarta, kita ingin Jakarta yang berkeadilan. Jakarta bukan untuk sekelompok orang, milik mereka yang ingin mendapatkan kesejahteraan, Jakarta harus menjadi kota semuanya,” paparnya.

Bahkan untuk mendukung itu semua, dirinya siap untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo. “Presiden telah sampaikan dalam 1-2 hari ini akan bertemu dan kami insyaallah siap,” ujarnya.(OTK)