Wow… Penumpang di Bandara Silangit Naik dari 15 ribu menjadi 170 ribu

JAKARTA, ADATERUS.COM- Terjadi lonjakan penumpang luar biasa di Bandara Internasional Silangit pasca diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bulan lalu. Angkanya pun sangat fantastis dari 15 ribu orang menjadi 170 ribu orang. Ada kenaikan 800%.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. Kata dia, sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN mengembangkan Bandara Silangit, take off landing pesawat atau jumlah penumpang yang dibawa maksimal 15.000 orang.

“Kemudian 2016 pada saat itu Menhub dan Bu Rini dan Presiden dibantu satu maskapai Garuda Indonesia, mengembangkan Bandara Silangit dan saya yang mengakhir kapasitas penumpang menjadi 170.000 artinya ada kenaikan 800%,” kata Muhammad Awaluddin di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, kemarin.

Ditanya berapa kapasitas penumpang nantinya setelah penerbangan internasional masuk, karena penerbangan dari Singapura menuju Bandara Silangit bisa direct? “Saya perkirakan tidak kurang 300 ribu, ada tumbuh 90-95%. Artinya lompatan itu luar biasa,” ujarnya.

Dia melanjutkan, dengan beroperasinya Bandara Silangit dan 13 bandara lainnya maka akumulasi kapasitas penumpang di seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura II mencapai rekornya.

“Mohon doa restu selalu disampaikan mudah-mudahan akhir tahun akumulasi tidka kurang 104 juta traffic passenger. Ini lebih besar dibanding tahun lalau 95 juta,”ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, banyak negara yang mau menggunakan Bandara Silangit sebagai Hub Internasional. “(Dari Silangit) itu bisa ke beberapa jurusan-jurusan (tujuan penerbangan). Macem-macem (negara) dari luar ini,” tuturnya.