Dihadapan Kader PDIP, Mendagri Cerita Kesetiaan Sang Istri

DEPOK, ADATERUS.COM- Ada sebuah kisah yang mengharukan yang dituturkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, saat ia berbicara di acara seminar, “Pendidikan Kader Tingkat Nasional PDIP,” di Depok, Senin, (27/11). Kisah mengharukan itu tentang pengorbanan istri Mendgari, Erni Guntarti. Menurut Tjahjo, istrinya sangat sadar dan paham resiko jadi istri seorang politisi. Waktu untuk keluarga tersisa sedikit.

Tjahjo mengaku, karena aktivitasnya yang padat, baik saat ia masih aktif di partai dan DPR, maupun sekarang ketika sudah jadi Menteri Dalam Negeri, kebersamaan bersama dengan keluarga, terutama istri dan anak-anaknya berkurang. Namun politisi PDIP asal Solo itu bersyukur, anak dan istrinya memahami itu. Bahkan mensupportnya, meski waktu untuk keluarga berkurang.

“Kita masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Saya mungkin sebagai kepala keluarga saya tidak punya kewenangan penuh karena hidup saya untuk umat. Saya bicara sama anak saya saja bisa seminggu sekali,” katanya.

Sampai kemudian Tjahjo pun bercerita tentang pengorbanan istri, Erni Guntarti. Suatu waktu, selepas ia memangku tugas jadi tim sukses pasangan calon presiden dan wakil presiden, Jokowi dan Jusuf Kalla, istrinya berterus terang menderita penyakit kanker darah.

Tentu saja, pengakuan istrinya membuatnya kaget. Ia sempat menanyakan kepada istrinya, kenapa baru berterus terang sekarang. Jawaban istrinya, membuat ia sangat terharu, sekaligus sedih, kagum dan bangga. Istrinya, demi mendukung jalan hidupnya sebagai politikus, sampai berkorban sedemikian rupa.

“Sampai istri saya kena kanker darah baru menyampaikan ke saya baru, kok enggak ngomong. Kata istri saya, bagaimana mau ngomong, kamu Sekjen partai, ketua tim sukses, kalau saya ngomong saya sakit, pecah konsentrasimu. Itu pengorbanan. Diantara kita juga sama tapi sesama temen, bagi tugas dengan baik,” tutur Tjahjo.