Kebiasaan Tidur Larut Malam Ciri Anda Orang Cerdas

JAKARTA, ADATERUS.COM- Taukah Anda jika mempunyai kebiasaan tidur larut malam ,itu menandakan Anda adalah orang yang sangat cerdas. Ini bukan cerita ngarang, karena hasil penelitian dari seorang ilmuwan asal Inggris dari hasil studinya berjudul Why Nights Owl are More Intelligent.

Disebutkan dalam studinya itu kaitan antara orang yang menikmati gaya hidup nokturnal (aktif di malam hari) dengan kecerdasan mereka. Ditemukan juga mereka yang terjaga hingga larut cenderung lebih cerdas dibandingkan yang pergi tidur lebih cepat. Mereka pun menemukan anak yang tidur lebih larut cenderung berkembang menjadi orang dewasa cerdas.

Hasil penelitian itu didasarkan pada konsep bahwa orang yang cerdas cenderung mengadopsi nilai-nilai evolusioner, seperti tidur lebih larut. Nenek moyang kita secara tradisional pergi tidur dan bangun pagi. Mengubah pola tidur menunjukkan kita mampu mengadaptasinya menjadi kehidupan moderen.

Tetapi, itu bukan satu-satunya manfaat dari tidur larut. Studi lain membuktikan pula selain memiliki kecerdasan lebih tinggi, burung hantu pun cenderung lebih makmur.
Para ahli dari University of Madrid melakukan tes pada 1.000 orang remaja dan menemukan mereka yang memilih tidur lebih larut menunjukkan sejenis kecerdasan yang berhubungan dengan pekerjaan bergengsi dan pendapatan lebih tinggi.

Namun bukan berarti bangun pagi tidak ada manfaatnya. “Orang pagi” sering menunjukkan hasil ujian lebih baik. Mungkin karena pelajaran ditangkap pada waktu yang salah di kalangan “orang malam”.

Tidur malam adalah ciri orang cerdas juga pernah dibahas oleh studi dari Study Magazine. Satoshi Kanazawa, seorang psikolog di London School of Economics And Political Science, melaporkan bahwa IQ rata-rata dan pola tidur memiliki hubungan erat. Korelasi ini membuktikan orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk terjaga di malam hari adalah individu yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Kebanyakan orang pada umumnya akan memiliki pola tidur yang teratur dan mudah, sementara orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan lebih banyak mengalami gangguan tidur sehingga memilih untuk tetap terjaga pada malam hari. Malam hari masih dimanfaatkan untuk mengerjakan sesuatu, menulis misalnya.

Para nokturnal biasanya menangkap informasi pada siang hari dan memprosesnya pada malam hari. Namun, ada beberapa hal yang mungkin masih menjadi perdebatan tentang kurangnya tidur bisa memicu gangguan kesehatan. Namun bukan berarti kita tak boleh begadang. Karena selalu ada sisi positif mengapa para nokturnal adalah orang-orang cerdas.

Begadang akan selalu menjadi rutinitas harian. Tak peduli apakah kamu punya jam kerja 9 to 5, kamu akan tetap terjaga hingga larut malam. Dan itu menjadikanmu pribadi yang sedikit pemberontak dan mampu menentang tradisi yang ada.

Dan rasanya bukan lagi kejutan bahwa orang yang suka terjaga hingga larut malam, adalah sosok yang mampu memperluas pemikiran mereka, bukan hanya diam karena orang-orang menyuruhnya untuk tidur karena sudah larut malam.