Usai Dilantik, Anies-Sandi Akan Dihadang Palang Pintu

JAKARTA, ADATERUS.COM- Tanggal 16 Oktober 207 warga Jakarta resmi memiliki gubernur baru. Soalnya, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Anies baswedan-Sandiaga Uno akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Berbagai rangkaian acara pun sudah dipersiapkan untuk menyambut Anies-Sandi di Balaikota.

Disampaikan oleh Tim Komunikasi Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak usai dilantik di Istana Negara pukul 16.00 WIB, Gubernur DKI langsung menuju Balaikota di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra, PAN dan PKS ini akan disambut berbagai kesenian Betawi.

“Garis besarnya adalah presiden akan melantik Anies di Istana. Setelah itu, Anies-Sandi akan menuju Balaikota dengan menggunakan mobil dinas. Kita siapakan juga Palang Pintu dan Tanjidor untuk menyambut mereka,” kata Firman kepada wartawan, Rabu, (11/10).

Dijelaskan Firman, sesampainya di Balaikota, Anies-Sandi akan menuju ruangan Balai Agung untuk proses serah terima jabatan dari Djarot Saiful Hidayat. “Selesai itu Anies akan mengantarkan Djarot ke lobi pendopo dan Djarot akan meninggalkan lokasi,” ujarnya.

Usai serah terima jabataan, Anies-Sandi akan sholat berjamaah di gedung balariung Kompleks Balaikota. Setelah itu keduanya akan berjalan kaki menuju DPRD DKI untuk menyampaikan pidato pertamanya di rapat paripurna.

“Kemudian makan malam, gubernur dan wakil gubernur akan berjalan kaki ke DPRD untuk menyapaikan pidato pertamanya sebagi gubernur dengan durasi sekitar 1 jam,” katanya.

Di DPRD tersebut Anies-Sandi juga akan menyapa para mantan gubernur DKI yang diundang‎.. Setelah itu Anies-Sandi akan berjalan kembalai ke Balaikota untuk menyapa masyarakat Jakarta. “Di sana pak Anies akan kembali berpidato di depan warga, ” tutupnya.

Diketahui pasangan Anies-Sandi unggul telak dari pasangan incumbent, Ahok-Djarot di putaran kedua. Anies-Sandi meraih 3.240.332 suara atau 57,95 persen dari total suara sah. Sementara pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat meraih 2.351.245 suara atau 42,05 persen dari total suara 5.591.577 suara yang tersebar di 13.034 tempat pemungutan suara (TPS).(OTK)