SBY Minta TNI dan Polri Kompak Jaga NKRI

JAKARTA, ADATERUS.com- Diusianya yang ke 72, Tentara Nasional Indonesia (TNI) diminta untuk kompak. Karena itu adalah kekuatan bangsa Indonesia. Itu disampaikan oleh Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dalam postingannya di Twitter.

“Alhamdulillah di usianya yang ke 72 tahun TNI kita makin maju. Saya bangga dengan postur dan persenjataan TNI yang makin lengkap dan modern,” kata SBY seperti dikutip dari akun Twitternya @SBYudhoyonno, Kamis (5/10).

SBY mengatakan dirinya sebagai pelaku reformasi, ia berharap TNI tetap tegak lurus pada negara sesuai Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Sebab TNI milik seluruh rakyat.

“Sebagai senior TNI dan mantan Kepala Negara, saya sungguh berharap TNI tetap kompak dengan Polri. Itu kekuatan kita,” kata SBY.

SBY juga meminta agar TNI dan Polri untuk tidak menjalankan politik praktis. Jika ingin menjalankannya harus mengundurkan diri. “Tapi kalau masih ada di TNI Polri harus bekerja secara profesional dan tidak boleh melakukan politik praktis,” kata SBY.

Kekompakan TNI dan Polri ini dinilai penting untuk menjaga bangsa dari perpecahaan. “Untuk itu TNI-polri harus kompak, harus serasi, harus sinergi. Karena untuk menjaga kepentingan bangsa dan negara,” tegasnya

Perayaan HUT TNI ke-72 ini di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Bertindak selaku Komandan upacara Letjen TNI Edy Rahmayadi yang juga menjabat sebagai Pangkostrad. HUT TNI kali ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat,”.

Parade dan defile pada HUT TNI kali ini berjumlah 5.932 orang. Komposisi pasukan terdiri dari Brigade Upacara I Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara III TNI AD, Brigade Upacara IV TNI AD, Brigade Upacara V TNI AL, Brigade Upara VI TNI AU, Batalyon Upacara PNS. Selain itu ada demo alutsista dari tiga matra TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.

Ada demonstrasi pencak silat yang melibatkan 1.800 prajurit, halang rintang laut gabungan, terjun free fall gabungan, terjun statik laut gabungan, dsm Jupiter Aerobic team.(OTK)